Sabtu, 31 Mac 2012

Video Al Quran tertua di dunia di Topkapi Palace


Saidina Usman bin Affan merupakan perintis pembukuan Al Quran pertama.  Sebelumnya Al-Qur'an hanya dihafal atau ditulis di atas lembaran kayu dan tulang unta. Pembukuan Al-Qur'an pertama ini dilakukan Usman bin Affan ketika berada di Madinah.

Pembukuan Al-Qur'an ini selesai pada tahun 651 atau 19 tahun setelah wafatnya Rasulullah SAW. Disebutkan bahwa Khalifah Utsman membuat lima salinan dari Al-Qur'an ini dan menyebarkannya ke berbagai wilayah Islam. Selain yang ada di Tashkent, salinan lainnya juga masih tersimpan di Topkapi Palace di Istanbul, Turki.
 

Sebuah naskah kuno Al-Quran ditemukan di wilayah Otonom Dongxiang provinsi Gansu dan salinan Al-Quran ini merupakan yang tertua ditemukan di China. Menurut maklumat dari media tempatan, naskah kuno berupa salinan Al-Quran tersebut yang ditulis dalam bahasa Arab, terdiri dari 536 halaman dan menggunakan daun Samarkand yang dibawa ke Cina dari kota Samarkand di Uzbekistan.

Salinan Al-Quran yang tersimpan di masjid Dong Si, provinsi Qinghai barat laut Cina ini merupakan yang tertua di Cina berasal dari abad 8-13 masehi. Ramai kelompok etnik yang memeluk agama Islam yang hidup di daerah barat laut Cina, yang meliputi kawasan Qinghai, Gansu, Ningxia dan wilayah Xinjiang.
 
Gambar di atas  adalah gambar al quran tertua yang ditemui di Nusa Tenggara Timur (NTT) milik Kesultanan. Al-Quran lama ini dibawa ke Alor Besar Indonesia pada 1519 M oleh Iang Gogo yang merantau bersama keempat saudaranya dengan misi penyebaran Agama Islam hingga ke Alor.

Rakaman video Al Quran zaman Saidina Usman di Uzbekistan
 











1 ulasan:

us w shohor berkata...

{إِنَّ هَـذَا الْقُرْآنَ يِهْدِي لِلَّتِي هِيَ أَقْوَمُ وَيُبَشِّرُ الْمُؤْمِنِينَ الَّذِينَ يَعْمَلُونَ الصَّالِحَاتِ أَنَّ لَهُمْ أَجْراً كَبِيراً }الإسراء9

هذه الآية الكريمة تدل دلالة واضحة أن القرآن الكريم فيه هداية للبشرية في جميع مجالات الحياة السياسية والاقتصادية والاجتماعية والعلمية وغيرها من النواحي فالقرآن الكريم يهدي لأقوم الطرق.

ونلاحظ هنا إطلاق العبارة { يِهْدِي لِلَّتِي هِيَ أَقْوَمُ }الإسراء9 فالقرآن جامع لأنواع الهدايات

وقوله : { لِلَّتِي هِيَ أَقْوَمُ }الإسراء9 نعت لموصوف محذوف تقديره يهدي للملة أو الشريعة أو الطريقة

وقوله :للتي هي أقوم أي : أعدل وأعلى في العقائد والأعمال والأخلاق والذي يهتدي بالقرآن لا يظفر بحسن المعتقد وحسن والعمل وحسن الخلق فقط بل بأحسن العقائد وأكملها وأفضل الأخلاق وأجلها